Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria

Mempunyai anak pastinya merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Maka dari itu berbagai upaya dilakukan oleh pasangan supaya segera hamil dan mendapat momongan. Sebenarnya ada beberapa metode sederhana yang bisa membantu Anda untuk segera mendapat keturunan. Salah satunya adalah dengan menghitung masa subur.

Dengan mengetahui masa subur diharapkan pasangan cepat hamil dan mendapatkan anak. Maka dari itu, kami akan menjelaskan semuanya secara jelas supaya Anda lebih paham segala hal yang berkaitan dengan masa subur pria maupun wanita.

Menghitung Masa Subur Wanita

menghitung masa subur

Membahas masa subur wanita maka tidak bisa lepas dari siklus menstruasi. Siklus haid merupakan rentang hari sejak pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Siklus haid yang normal adalah setiap 21-35 hari. Hari pertama pada siklus haid disebut sebagai hari pertama haid terjadi.

Siklus haid wanita pada dasarnya dibagi menjadi 3 fase:

  • Masa menstruasi

Pada hari pertama siklus menstruasi, endometrium atau rahim mulai luruh. Hal ini disebut sebagai menstruasi. Haid normalnya berlangsung selama 4-6 hari. Sebagian wanita kehilangan darah saat menstruasi berlangsung pada 3 hari pertama.

Di masa ini biasanya muncul keluhan seperti kram di panggul, kaki dan punggung. Kram merupakan tanda bahwa rahim wanita berkontraksi, membantu endometrium meluruhkan darah.

  • Fase folikular

Ketika masuk fase folikular, foliker telur pada ovarium siap melepaskan telur. Umumnya satu telur dilepaskan setiap siklusnya. Mengenai lama atau tidaknya proses ini tergantung dari berapa lama siklus Anda. Di saat bersamaan rahim juga menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

  • Fase luteal

Fase ini terjadi ketika ovulasi, yakni saat telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Fase ini bisa terjadi kapan saja dari hari ke-7 sampai hari ke-22 dari siklus menstruasi yang normal. Apabila sel telur dibuahi oleh sperma dan menempel pada endometrium, maka kehamilan dimulai. Sedangkan jika sel telur tidak dibuahi endometrium akan luruh.

Baca Juga : Cara Menghitung Siklus Menstruasi Yang Benar

Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haidmenghitung masa subur wanita setelah haid

Ada beberapa cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil. Anda bisa memanfaatkan salah satu atau beberapa cara menghitung masa subur setelah haid sehingga bisa mengetahui kapan kira-kira masa subur Anda.

Sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkan kalkulator masa subur atau kalkulator kehamilan untuk memudahkan Anda dalam menghitung masa subur. Akan tetapi untuk kali ini kami akan sampaikan cara menghitung masa subur wanita secara manual. Simak detail selengkapnya di bawah ini :

  • Siklus haid normal dan teratur

Untuk siklus menstruasi yang normal, caranya menjadikan hari pertama siklus menstruasi sebagai hari ke-1. Lalu untuk masa suburnya tepat di hari ke-12 sampai dengan hari ke-16 dalam satu siklus menstruasi, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Contohnya, bila awal menstruasi Anda terjadi pada tanggal 9 Mei, maka pada tanggal tersebut dijadikan sebagai hari pertama. Lalu masa subur Anda jatuh pada hari ke-12 atau tepatnya pada tanggal 20 Mei sampai hari ke-16 atau tanggal 24 Mei.

  • Siklus haid tidak teratur

Siklus haid tidak teratur artinya siklus dengan awal menstruasi yang maju atau mundur sehingga tidak dapat dipastikan dengan jelas. Cara menghitung masa kesuburan wanita yang siklusnya tidak teratur adalah dengan mencatat perhitungan jumlah hari haid tersebut selama 6 bulan. Alasannya menentukan hari pertama masa subur wanita dilakukan dengan menghitung jumlah siklus menstruasi yang dimulai dari yang terpendek dari 6 kali haid lalu dikurangi 18.

Baca Juga:   Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita, Pria dan Anak

Mengutip dari beberapa sumber, ada beberapa cara lain untuk mengetahui masa subur wanita. Penasaran dengan metode alternatif ini? Silakan simak uraiannya di bawah ini.

Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Sistem Kalender

Metode ini dianjurkan oleh banyak dokter ahli. Dengan cara ini Anda akan mengetahui masa subur dan prasubur. Rumus mengetahui masa subur wanita dengan metode ini dibagi menjadi dua macam, yakni:

Masa Subur = Hari Terakhir Haid/Menstruasi + 13

Masa Prasubur = Masa Subur – 3 & Masa Subur + 3

Mengetahui Masa Subur Wanita Dengan Perubahan Lendir Serviks

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memeriksa getah lendir mulut rahim. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Akan tetapi jangan lupa untuk membersihkan tangan Anda sebelum melakukannya. Berikut adalah cara mengamatinya :

Periksa lendir dari mulut rahim setiap hari. Sebab hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi. Biasanya lendir rahim akan terasa encer.

Raba dengan telunjuk Anda, kemudian rekatkan telunjuk dengan ibu jari dan renggangkan sehingga lendir membentuk seperti benang. Bila sampai jarak 2-3 cm tidak terputus, maka artinya Anda dalam masa subur, begitu juga sebaliknya. Hanya saja tingkat keberhasilan cara ini 60%-70% saja.

Mengetahui Masa Subur Wanita Dengan Suhu Tubuh

menghitung masa subur dengan suhu tubuh

Cara mengetahui masa subur wanita berikutnya adalah dengan mengamati perubahan suhu tubuh atau suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh ketika bangun di pagi hari. Normalnya suhu basal tubuh berkisar 35,5 – 36,6 derajat Celcius. Apabila suhu tubuh sedikit lebih tinggi dari angka tersebut, maka Anda telah mengalami ovulasi dalam 1-2 hari terakhir.

Indikator lain yang menandakan Anda sedang dalam masa subur adalah adanya gejala nyeri ringan hingga berat pada perut atau salah satu bagian punggung. Beberapa wanita dilaporkan mengalami gejala tersebut ketika masa ovulasi. Selain itu juga dapat diamati dari perasaan lebih bergairah, bersemangat dan lebih mudah bersosialisasi.

Mengetahui Masa Subur Subur Wanita Dengan Test Pack

Jika ingin mendapat hasil yang lebih akurat, Anda bisa mencoba memakai alat test pack kesuburan. Cara mengetahui kesuburan setelah haid yang satu ini juga bermanfaat untuk wanita yang siklus haidnya tidak normal. Tidak perlu ragu, sebab alat ini memiliki tingkat keakuratan hingga 95%.

Anda bisa membelinya di apotek terdekat. Sedangkan harga test pack kesuburan ini bervariasi. Anda bisa mencari tahu mana yang bagus dan terjangkau.

Cara menggunakan alat test pack kesuburan ini tidaklah rumit. Anda hanya perlu mencelupkan alat tersebut ke dalam wadah yang berisi air seni Anda dan tunggu sekitar 5 menit. Bila hasilnya positif (+) maka Anda sedang dalam masa subur. Sedangkan bila hasilnya negatif (-) maka Anda sedang tidak dalam masa subur.

Cara Menghitung Masa Subur Pria

cara menghitung masa subur pria

Ada yang bertanya-tanya bagaimana cara menghitung masa subur pria. Perlu diketahui, pria juga mempunyai masa subur, sama seperti wanita. Hanya saja perlu diluruskan mengenai masa subur pria supaya tidak terjadi salah tafsir.

Masa subur pria berbeda dengan masa subur wanita. Khusus pria, selama masih bisa menghasilkan sperma dengan kualitas baik dan dalam jumlah yang cukup, maka hal itu bisa dianggap masih dalam masa subur.

Lalu bagaimana cara mengetahui masa subur pria? Masa subur pria memang bisa diukur lewat sperma. Ada beberapa tanda bahwa kualitas sperma seseorang baik. Berikut detail yang bisa Anda baca :

  • Kuantitas

Jumlah sperma dalam satu kali ejakulasi sangat mempengaruhi kemungkinan keberhasilan dalam membuahi sel telur pasangan. Dalam kondisi ideal, sekali ejakulasi pria mengeluarkan hingga 15 juta sel sperma per mililiter. Bila lebih sedikit dari angka tersebut, persentase kemungkinan bisa terjadi pembuahan sel telur juga akan menurun.

  • Pergerakan

Indikasi berikutnya adalah bagaimana pergerakan sperma atau motilitas. Sperma yang baik mempunyai pergerakan yang gesit untuk mencapai dan membuahi sel telur.

Untuk diketahui, sebelum bisa membuahi sel telur, sperma harus tetap hidup ketika berenang menyeberangi leher rahim, rahim dan saluran tuba. Supaya kemungkinan pembuahan terjadi, maka sekitar 40 persen sperma harus mempunyai kemampuan bergerak yang baik.

  • Struktur

Perlu diketahui, pada dasarnya bentuk sperma terdiri dari kepala berbentuk oval dengan ekor yang panjang. Bentuk tersebut bertujuan untuk menyukseskan gerakan sperma menuju sel telur.

Oleh karenanya struktur sperma juga mempengaruhi peluang terjadinya pembuahan atau kehamilan. Bila bentuknya normal, peluang tersebut akan semakin tinggi.

Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Pria

masa subur pria

Seperti yang dijelaskan di atas, selama pria dapat menghasilkan sperma dengan kualitas dan kuantitas yang baik maka selama itu pula pria masuk dalam masa subur. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi masa subur pria. Setidaknya ada 5 hal yang berpengaruh dalam kesuburan, antara lain:

  • Usia

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan pria adalah usia. Tingkat kesuburan dan kualitas sperma kaum adam akan menurun seiring berjalannya waktu. Biasanya masa subur pria akan menurun ketika mencapai usia 40 tahun.

  • Gaya Hidup

Tidak hanya usia saja, gaya hidup juga mempunyai andil dalam masa subur pria. Contohnya, jika seorang pria merupakan perokok, maka spermanya akan mengalami kerusakan karena zat yang terkandung di dalam rokok. Begitu juga dengan orang yang gemar minum-minuman beralkohol.

  • Suhu dan Radiasi

Suhu testis harus 1 atau 2 derajat Celcius lebih rendah dibandingkan suhu tubuh. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesuburan pria. Tipsnya hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat, berendam air hangat maupun mandi air hangat. Sebab hal tersebut bisa meningkatkan suhu sekitar testis yang berdampak memperlambat produksi sperma.

Selain suhu radiasi dan bahan kimia juga dapat mengganggu kesuburan. Salah satunya adalah glikol ester atau zat yang biasa ditemukan pada cat.

  • Penyakit Menular

Penyakit yang disebabkan infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore berpotensi menghambat proses pembuahan. Klamidia dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit pada skrotum.

Tips Cepat Hamil

tips cepat hamil

Siapa yang tak ingin menjadi ibu hamil? Kaum hawa pastinya ingin menjadi ibu hamil dan nantinya bisa segera menimang buah hati. Untuk memperbesar peluang kehamilan ada beberapa tips yang bisa Anda simak.

  • Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Tips agar cepat hamil pertama yang bisa Anda lakukan adalah berkonsultasi ke dokter kandungan bersama pasangan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah Anda sedang dalam kondisi terbaik untuk hamil. Di samping itu dokter juga bisa memberi masukan apa saja yang dilakukan supaya cepat hamil.

  • Mengubah Pola Hidup

Mewujudkan pola hidup yang sehat perlu Anda benamkan dalam hati. Tidak hanya sebatas ketika hamil saja, pola hidup sehat juga bisa membuat Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Ada beragam hal yang bisa Anda lakukan. Seperti melakukan olahraga teratur, memperhatikan kebutuhan nutrisi penting sebelum hamil seperti asam folat, menjauhi asap rokok dan minuman alkohol serta menjaga berat badan normal. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh calon ibu saja, namun juga calon ayah.

  • Mencari Tahu Masa Ovulasi

Masa ovulasi merupakan masa subur wanita, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Artinya di masa-masa tersebut peluang Anda hamil akan lebih besar. Maka dari itu Anda perlu mencari tahu kapan ovulasi terjadi.

  • Melakukan Hubungan Intim Secara Teratur

Jika Anda sudah mengetahui kapan kira-kira ovulasi terjadi, maka langkah selanjutnya adalah menentukan kapan harus berhubungan dengan pasangan supaya sel telur tepat bertemu dengan sperma dan terjadi pembuahan. Disarankan untuk melakukan hubungan secara teratur (setiap dua sampai tiga hari sekali) saat masa subur, terutama pada masa paling subur.

Apabila Anda kurang begitu yakin, Anda bisa melakukan hubungan intim lebih sering. Contohnya setiap hari selama minggu kedua dan ketiga setelah menstruasi terakhir.

  • Hindari Stres

Tak kunjung hamil bagi sebagian orang merupakan beban. Belum lagi jika adanya tekanan dari keluarga untuk segera hamil. Akan tetapi jangan sampai hal tersebut membuat Anda stres.

Stres hanya akan memperburuk keadaan dan menyulitkan Anda untuk hamil. Alangkah baiknya jika Anda selalu berpikir positif. Jalani semua dengan tenang dan yakin bila suatu saat Anda akan hamil. Jangan lupa untuk banyak berdoa juga.

Baca Juga : Cara Menghitung Usia Kehamilan

Itulah tips seputar menghitung masa subur yang bisa kami sampaikan. Mengetahui masa subur wanita dan masa subur pria merupakan hal penting supaya pasangan segera mendapat momongan. Selagi menunggu kehamilan pasangan juga harus saling mendukung dan memberi semangat dan memperbanyak bacaan seputar kehamilan.