4 Cara Menghitung Umur di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Cara Menghitung Umur di Excel – Di zaman modern seperti sekarang segala sesuatunya dapat dikerjakan dengan lebih mudah. Hal ini tidak lain karena kemajuan teknologi yang berfungsi memudahkan manusia untuk mengerjakan tugasnya. Sebagai contoh, dalam dunia kerja mungkin Anda pernah diminta untuk menghitung usia seseorang.

Padahal dalam data yang Anda peroleh hanya terdapat tanggal lahirnya saja. Bukan masalah bila hanya satu atau dua orang/siswa saja. Akan tetapi akan menyusahkan bila ada puluhan atau bahkan ratusan orang. Maka dari itu Anda perlu mengetahui cara menghitung umur di Excel.

Alasannya kita menggunakan cara menghitung kelompok umur di Excel karena terbilang lebih mudah. Anda hanya perlu memasukkan tanggal lahir dan fungsi rumus Excel untuk menghitung umur. Maka secara otomatis akan muncul usia orang tersebut.

Sangat cocok untuk Anda yang ditugaskan merekap usia orang dalam jumlah banyak yang akan membutuhkan waktu lama bila diketik secara manual. Cara ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghitung lama kerja seseorang dalam sebuah perusahaan.

Akan tetapi tidak selamanya metode ini mudah. Sebab bisa juga ditemui permasalahan seperti salah ketik sehingga tidak keluar hasil yang kita cari. Untuk itu Anda perlu mencermati penulisannya dan pastikan sama persis dengan ketentuan yang ada.

Sebab fungsi rumus Excel memang harus diketik sesuai dengan aturan. Anda tidak bisa mengubah rumus sesuka hati karena hal tersebut membuat rumus yang kita masukkan tidak tepat.

Berikut ini akan kami bahas lebih mendalam seputar rumus menghitung umur di Excel. Cocok untuk Anda yang mencari cara menghitung umur di Excel 2007. Rumus ini juga bisa dipakai pada versi Microsoft Excel lain, entah Excel 2010, Excel 2013 dan seterusnya. Silakan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus Matematika Umum

Yang pertama kita bahas adalah menghitung umur dengan Excel berdasarkan rumus matematika umum. Seperti yang diketahui, dalam satu tahun ada 365 hari. Maka rumus menghitung umur adalah dengan membagi selisih tanggal sekarang dan tanggal lahir dengan 365. Berikut adalah format rumus Excel-nya:

=(Tanggal Sekarang – Tanggal Lahir) / 365

Untuk memudahkan Anda bisa menggunakan fungsi Today. Jadi penulisannya menjadi seperti di bawah ini:

=(TODAY() – Tanggal Lahir) / 365

Pengetikan rumus menghitung umur di Excel tidak perlu dengan spasi. Berikut penerapannya dalam Microsoft Excel supaya Anda lebih memahaminya:

cara menghitung kelompok umur di excel

Terlihat bahwa hasil pada kolom umur berupa angka desimal. Yang perlu kita lakukan adalah membulatkan angka tersebut. Gunakan fitur Decrease decimal yang bisa Anda temukan di menu Home – Number.

Cara lainnya adalah dengan menambahkan fungsi INT pada rumus Excel di atas. Jadinya seperti berikut:

=INT((TODAY() – Tanggal Lahir) / 365)

 cara menghitung umur di excel 2007

Akan tetapi jadinya hanya berupa angka saja. Lalu bagaimana jika kita ingin menambahkan kata tahun di belakang angka tersebut?

Jika ingin menambahkan kata, maka Anda perlu memasukkan fungsi rumus Excel “&” disertai dengan kata yang kita kehendaki. Maka rumusnya akan berubah menjadi seperti berikut.

=INT((TODAY() – Tanggal Lahir)/365)&” Tahun”

menghitung usia di excel

Ada kekurangan bila Anda memanfaatkan cara menghitung umur di Excel ini. Sebab tidak semua tahun mempunyai 365. Tahun kabisat mempunyai 366 hari. Maka dari itu kita gunakan rumus lain untuk menghitungnya.

Cara Menghitung Umur di Excel dengan Rumus YEARFRAC

Rumus menghitung umur di Excel berikutnya adalah dengan menggunakan fungsi rumus Excel “YEARFRAC”. Fungsi ini akan menghasilkan bilangan atau angka desimal yang menunjukkan periode tahun dari selisih dua tanggal. Berikut adalah rumus yang kita pakai:

=YEARFRAC(Tanggal Lahir; Tanggal Sekarang;1)

Angka 1 di atas artinya bahwa perhitungan tahun didasarkan jumlah aktual pada setiap bulan di antara dua tanggal tersebut. Contoh penerapannya dapat Anda simak pada gambar di bawah ini.

menghitung umur dengan excel

Untuk pembulatan angka, Anda bisa menggunakan fungsi rumus Excel “INT” atau “ROUNDDOWN”. Jika menggunakan fungsi “ROUNDDOWN” penulisannya menjadi seperti di bawah ini.

fungsi rumus excel

Cara Menghitung Umur di Excel dengan Fungsi DATEDIF

Dua rumus di atas dimanfaatkan bila kita hanya mencari tahun kelahiran seseorang atau siswa. Akan tetapi bila ingin menghitung jumlah hari, bulan berdasarkan tanggal lahir maka kita memanfaatkan fungsi “DATEDIF”.

Biasanya fungsi ini tidak dapat Anda temui pada tab formula atau insert formula pada formula bar. Dengan kata lain Anda harus mengetiknya secara manual.

Untuk memanfaatkan rumus menghitung umur di Excel ini, penulisannya adalah:

=DATEDIF(Tanggal Awal;Tanggal Lahir;satuan)

Keterangan:

  • Tanggal awal: tanggal yang menunjukkan tanggal lahir seseorang.
  • Tanggal akhir: menunjukkan tanggal berakhirnya periode atau tanggal saat ini. Bisa diganti dengan fungsi “NOW()” atau “TODAY()”.
  • Satuan: kode informasi yang ingin kita dapatkan.

Untuk satuan ada beberapa format yang bisa kita pilih. Berikut adalah keterangan selengkapnya:

  • “Y” : Jumlah total tahun yang telah berlalu dalam periode.
  • “M” : Jumlah total bulan yang sudah berlalu dalam periode.
  • “D” : Jumlah dari total hari dalam periode.
  • “MD” : Selisih antara hari dalam Tanggal Awal dan Tanggal Akhir. Bulan dan tahun dari tanggal diabaikan.
  • “YM” : Selisih antara bulan dalam Tanggal Awal dan Tanggal Akhir. Hari dan tahun dari tanggal diabaikan
  • “yd” : Selisih antara hari dalam Tanggal Awal dan Tanggal Akhir. Tahun dari tanggal diabaikan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin memperoleh umur dengan satuan tahun, maka rumus yang diketik adalah:

=DATEDIF(Tanggal Awal;Tanggal Lahir;”Y”)

Lalu untuk menghitung bulannya bisa memakai rumus:

=DATEDIF(Tanggal Awal;Tanggal Lahir;”YM”)

Perlu dicatat, rumus di atas tidak akan menghitung jumlah bulan yang sudah genap 1 tahun atau 12 bulan dari tanggal lahir.

Jika Anda ingin menambahkan jumlah hari, maka rumus yang dipakai adalah:

=DATEDIF(Tanggal Awal;Tanggal Lahir;”MD”)

Contoh pengaplikasiannya bisa Anda simak pada gambar di bawah ini.

rumus excel

Atau cara lain berdasarkan fungsi “DATEDIF” adalah sebagai berikut.

rumus menghitung umur di excel

Catatan

Bila dalam menggunakan rumus DATEDIF Anda menjumpai pesan “error #NAME” itu artinya Anda salah dalam menulis rumusnya. Pastikan Anda mengetikkannya dengan benar.

Untuk contoh penulisan di atas menggunakan setting bahasa Indonesia. Maka dari itu penulisan tanpa pemisah adalah titik koma (;). Sedangkan bila PC memakai setting bahasa Inggris, maka pemisah argumennya adalah koma (,).

Cara Alternatif Menghitung Umur di Excel

Cara menghitung umur di Excel tidak hanya dengan menggunakan rumus-rumus di atas. Masih ada cara alternatif lain yang bisa Anda pakai untuk menghitung usia seseorang. Caranya adalah dengan mengurangkan tanggal sekarang dengan tanggal lahir. Dari rumus tersebut, maka kita akan mendapatkan hasil sebuah tanggal yang merupakan usia dari orang tersebut dikurangi sebulan dari tahun 0.

Sebagai gambaran, seseorang lahir pada 18 Agustus 1986. Saat ini adalah tanggal 22 Maret 2016. Maka jika keduanya dikurangkan akan menghasilkan hasil 4 Agustus 1929. Ini merupakan hasil dari usia orang tersebut yang bila dikonversi dan dibaca dari belakang menjadi 29 tahun, 7 bulan, 4 hari.

Rumus yang kita pakai untuk menghitung umur adalah:

=+TEXT(NOW()-B6,”yy “)&” Tahun, “&TEXT(NOW()-B6,”mm “)&” Bulan, “&TEXT(NOW()-B6,”dd “)&” Hari “

menghitung umur dengan excelrumus menghitung kelompok umur di excel

Itulah tutorial atau cara menghitung umur di Excel. Dengan memanfaatkan Microsoft Excel, menghitung usia menjadi jauh lebih mudah. Karena hasil perhitungan akan keluar secara otomatis.

Selain untuk menghitung umur, rumus Excel di atas juga bisa Anda manfaatkan untuk menghitung masa kerja seseorang. Tentu saja rumus menghitung umur di Excel ini sangat berguna. Terutama bila Anda bekerja di bidang administrasi yang mengharuskan Anda merekap usia seseorang.

Baca Juga : Cara Menghitung Persen di Excel

Memasukkan rumus dalam Microsoft Excel tidak selamanya berjalan dengan mulus. Terkadang ada pesan error atau hasil yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Biasanya hal tersebut dikarenakan adanya kesalahan penulisan rumus dalam Excel.

Maka dari itu pastikan penulisan rumus diketik dengan benar. Anda juga bisa memanfaatkan tab formula atau insert formula pada formula bar untuk memudahkan pemasukan rumus. Jika masih ditemui masalah, Anda bisa mencari solusi dengan mencarinya di internet.

Semoga fungsi rumus Excel di atas bermanfaat untuk Anda. Sekian artikel cara menghitung umur di Excel dari kami.

Souce Img : www.kelasexcel.web.id