Cara Menghitung Persen di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Cara Menghitung Persen di Excel – Persentase adalah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase biasanya dinyatakan dalam simbol “%”. Persen berasal dari bahasa Inggris “percent” yang merupakan singkatan dari per centum atau per seratus.

Pada saat di Sekolah Dasar kita sudah diajarkan bagaimana cara menghitung persentase secara manual ataupun dengan menggunakan kalkulator. Menghitung persentase memang tidak terlalu sulit. Akan tetapi bagaimana dengan cara menghitung persen di Excel?

Mungkin tidak semua orang memahami bagaimana cara menghitung persen di Microsoft Excel. Maka dari itu pada pembahasan kali ini kami akan membahas seputar hal tersebut.

Sekilas Tentang Microsoft Excel

cara menghitung persen di microsoft excel

Microsoft Excel adalah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft. Fungsinya adalah untuk menghitung data atau kalkulasi, membuat grafik, menghitung pengeluaran atau pemasukan dan lain sebagainya.

Microsoft Excel terdiri dari beberapa versi. Umumnya yang dipakai banyak orang adalah Excel 2007, 2010 atau 2013. Akan tetapi cara pengoperasian masing-masing versi tersebut tidak terlalu berbeda. Cara menghitung persen di Excel 2007 sama saja dengan di Excel 2013.

Menampilkan Persen di Excel

Untuk memudahkan pengguna, Microsoft Excel dilengkapi dengan fitur yang mengubah angka di suatu cell menjadi berbagai macam format angka, salah satunya adalah persentase. Ada 3 cara untuk mengubah suatu nilai menjadi persen, antara lain.

  • Mengetik langsung lambang % pada cell Excel setelah mengetikkan angka.
  • Format cell dengan mengubah style format persen pada menu Tab, Number, Percent (%). Atau juga bisa dengan menekan tombol CTRL + Shift + %.
  • Memilih format percentage pada kotak dialog Format Cells.
Baca Juga:   Begini Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Kumpulan Cara Menghitung Persentase di Excel

Ada beberapa rumus yang berkaitan dengan persentase. Agar lebih jelas akan kami jelaskan satu per satu. Silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menghitung Nilai Persen di Excel

cara menghitung persentase di excel

Telah kita ketahui bersama bahwa rumus menghitung persen adalah Persentase = (Bagian/Seluruh) x 100%. Jika ingin menghitungnya di Microsoft Excel rumusnya sama saja. Berikut adalah contohnya yang bisa Anda simak.

 

Ada 10 buah, dimana 7 di antaranya sudah matang dan 3 buah lainnya masih mentah. Berapa persentase buah matang dan mentah tersebut?

Yang berbeda dari Microsoft Excel adalah jika Anda ingin memasukkan rumus. Pertama-tama masukkan tanda sama dengan (=), baru masukkan rumus seperti di atas. Maka penulisan rumusnya adalah:

Persentase buah matang

=(7/10)*100

Persentase buah mentah

=(3/10)*100

Cara Menghitung Potongan Persen di Excel

Untuk menghitung persen diskon bisa memakai rumus Nilai Persen x Nilai Pecahan. Contoh, sebuah ponsel dijual dengan harga Rp 1.000.000. Harga HP tersebut didiskon 30%. Berapa harga HP tersebut setelah didiskon?

Seperti cara di atas, awali dengan mengetikkan angka = pada satu cell. Lalu ketikkan 30%*1000000. Jadinya akan seperti berikut:

=30%*1000000

Setelah itu tekan tombol Enter. Maka akan keluar hasilnya Rp 300.000. Langkah selanjutnya adalah mengurangi harga HP dengan potongan tersebut.

=1000000-300000

Tekan tombol Enter, maka akan keluar hasilnya Rp 700.000.

Cara Menghitung Persentase Kenaikan dan Penurunan di Excel

cara menghitung persen di excel 2007

Persentase Kenaikan

Persentase perubahan kenaikan menunjukkan seberapa besar persen penambahan nilai lama dibandingkan dengan nilai dibandingkan dengan nilai lama. Nilai penambahan diperoleh dengan mengurangi nilai baru dengan nilai lama.

Rumus menghitung persentase kenaikan adalah:

Kenaikan (%) = Nilai Kenaikan / Nilai Sebelum Kenaikan x 100%

Contoh

Diketahui jumlah penduduk suatu desa adalah sebagai berikut:

2010: 1000 jiwa

2011: 1500 jiwa

2012: 2500 jiwa

2013: 3000 jiwa

Hitung persentase kenaikan jumlah penduduk tersebut dengan menggunakan Microsoft Excel.

Masukkan tahun ke kolom A. Contohnya 2010 dimasukkan ke cell A1, 2011 ke cell A2 dan seterusnya. Setelah itu masukkan jumlah penduduk ke kolom B. Misal 1000 dimasukkan ke cell B1, 1500 di cell B2 dan seterusnya.

Jika sudah, kita gunakan kolom C untuk menghitung persentase kenaikan. Contohnya, pada C2 kita gunakan untuk menghitung persentase kenaikan jumlah penduduk dari tahun 2010 ke 2011. Caranya adalah sebagai berikut:

=(B2-B1)/B1

Bila sudah tekan tombol Enter. Maka akan keluar hasilnya. Untuk menghitung persentase kenaikan lainnya, Anda hanya perlu melakukan copy paste ke bawah.

Persentase Penurunan

Sedangkan persentase perubahan penurunan digunakan untuk menunjukkan seberapa besar persen penurunan nilai lama dibandingkan dengan nilai lama. Nilai perubahan ini didapat dengan mengurangi nilai lama dengan nilai baru. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Penurunan (%) = Nilai Penurunan / Nilai Sebelum Penurunan x 100%

Contoh

Diketahui luas lahan di suatu desa adalah sebagai berikut:

2010: 3.000 Ha

2011: 2.700 Ha

2012: 2.500 Ha

Hitung persentase penurunan luas lahan tersebut dengan menggunakan Microsoft Excel.

Pertama-tama masukkan data tersebut ke dalam Excel. Contoh 2010-2012 dimasukkan ke Cell A2-A4, lalu luas lahan dimasukkan ke Cell B2-B4. Setelah itu masukkan rumus berikut ke kolom C:

=(B2-B3)/B2

Jika sudah tekan Enter. Untuk mencari persentase penurunan lainnya lakukan dengan copy paste rumus tersebut ke bawah.

Itulah informasi seputar cara menghitung persen di Excel. Semoga informasi cara menghitung persentase di Excel tersebut bermanfaat untuk Anda.