Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita, Pria dan Anak

Cara Menghitung Berat Badan Ideal – Siapa yang tidak ingin mendapatkan tubuh yang ideal. Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian banyak orang, baik wanita ataupun pria. Maka dari itu berbagai upaya yang dilakukan, mulai dari diet, yoga hingga fitness dengan tujuan mewujudkan tubuh yang sesuai dengan harapan.

Akan tetapi ada satu catatan yang perlu diperhatikan. Bentuk tubuh yang ideal merupakan sebuah hal yang subjektif, artinya menurut satu orang dengan orang lainnya belum tentu saja. Maka dari itu akan lebih baik jika Anda pertama-tama mengetahui berat badan yang ideal. Bagaimana cara mengetahui berat badan yang ideal?

Caranya adalah dengan menghitung berapa berat badan ideal Anda. Cara menghitung ideal berat badan tidaklah rumit, bahkan cukup sederhana. Ada beberapa metode yang bisa Anda manfaatkan dan disesuaikan dengan diri sendiri.

Misal cara menghitung berat badan ideal pria, wanita, anak dan lain sebagainya. Rumus menghitung berat badan ideal juga ada beberapa macam. Seperti dengan memanfaatkan kalkulator BMI (Body Mass Index) atau rumus Brosca. Untuk lebih jelas, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal secara lengkap.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan BMI

cara menghitung berat badan ideal

Cara pertama yang dapat dipakai adalah menghitung berat badan ideal dengan BMI. Untuk lebih dulu kita bahas pengertian BMI. Body Mass Index (BMI) atau dalam bahasa Indonesia Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi dan berat badan Anda. Perhitungan ini nantinya dipakai untuk mengukur apakah Anda tergolong kurus, ideal, gemuk atau obesitas.

Cara mengukur berat badan ideal dengan kalkulator BMI dapa dilakukan pada orang yang berusia 20 tahun. Hanya saja rumus ini kurang cocok untuk atlet atau olahragawan. Sebab umumnya berat badan atlet berasal dari massa otot. Bisa saja menurut perhitungan BMI seorang atlet dinyatakan gemuk, padahal tidak demikian. Begitu juga dengan anak-anak, wanita hamil ataupun orang tua.

Seseorang dikatakan normal bila angka BMI berada di angka 18,5 hingga 25. Jika di atas 25 berarti masuk kategori kelebihan berat badan ringan. Orang tersebut mempunyai risiko terkena penyakit diabetes level 2, kanker, penyakit jantung hingga osteoarthritis. Sedangkan di atas 40 masuk dalam kategori kelebihan berat badan berbahaya yang artinya Anda harus berhati-hati.

Sedangkan jika angka BMI berada di bawah 18 maka berpotensi terkena osteoporosis. Maka dari itu bagi Anda yang memiliki angka BMI di atas 25 atau di bawah 18 disarankan menghubungi dokter untuk meminta saran. Di samping itu perhatikan pula pola hidup dan makan supaya bisa mencapai berat badan yang ideal.

Baca Juga:   Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria

Cara Menghitung BMI

Berat Tubuh Ideal = Berat badan (kg) : [Tinggi Badan (m)]²

Contoh :

Seseorang mempunyai berat badan 75 kg. Sedangkan tinggi badannya mencapai 1,79 m. Maka nilai BMI adalah 75 : (1,79) ² = 23,4.

Standar BMI

tabel berat badan ideal

Dari perhitungan di atas, kita belum dapat mengetahui apakah berat badan kita sudah ideal atau belum. Kita membutuhkan tabel berat badan ideal BMI untuk mengetahui seberapa ideal berat badan kita. Untuk mengetahuinya silakan simak penjelasan di bawah ini.

Standar BMI Pria
  1. BMI < 17 : Kurus (Under Weight). Artinya Anda perlu menambah asupan makanan atau kalori.
  2. BMI 17 – 23 : Normal (Normal Weight). Artinya berat badan Anda sudah ideal.
  3. BMI 23 – 27 : Kegemukan (Over Weight). Kelebihan berat badan dan disarankan untuk menurunkannya supaya terhindar dari berbagai penyakit.
  4. BMI > 27 : Obesitas. Jika di atas 27, maka artinya Anda mengalami obesitas. Anda perlu menurunkan berat badan dan berkonsultasi dengan dokter.
Standar BMI Wanita
  1. BMI < 18 : Kurus. Sedikit berbeda dengan pria, Anda dengan nilai BMI di bawah 18 sudah masuk kategori kurus. Anda bisa mengatasinya dengan menambah makan makanan bergizi dan melakukan olahraga.
  2. BMI 18 – 25 : Normal. Berat badan ideal wanita berdasarkan nilai BMI berada di angka 18 – 25. Jika BMI Anda berada di kisaran angka ini maka Anda perlu mempertahankannya.
  3. BMI 25 – 27 : Kegemukan. Bila angka BMI Anda berada di kisaran angka 25 – 27 maka Anda masuk kategori gemuk. Tidak perlu panik, Anda bisa mengatasinya dengan menghindari makanan berlemak dan melakukan olahraga secara teratur minimal 2 kali dalam seminggu.
  4. BMI > 27 : Obesitas. Untuk kategori ini Anda perlu segera menghubungi dokter supaya mendapat penanganan atau saran untuk mengatasi obesitas.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brosca

Cara hitung berat badan ideal kedua adalah dengan memanfaatkan rumus Brosca. Kalkulasi berat badan ideal dengan Brosca dibagi menjadi dua, yakni untuk pria dan wanita.

Cara menghitung Berat Badan Ideal Pria dengan Brosca

Berat Badan Ideal (Kg) = [Tinggi Badan (cm) – 100] – {[Tinggi Badan (cm) – 100] x 10%}

Contoh :

Seorang pria mempunyai tinggi badan 172 cm. Maka berat badan idealnya adalah (172-100) – {(172-100) x 10%} = 72 – 7.2 = 64.8

Cara menghitung Berat Badan Ideal Wanita dengan Brosca

Berat Badan Ideal (Kg) = [Tinggi Badan (cm) – 100] – {[Tinggi Badan (cm) – 100] x 15%}

Contoh :

Seorang wanita mempunyai tinggi badan 160 cm. Maka berat badan idealnya adalah (160-100) – {(160-100) x 15%} = 60 – 9 = 51

Perlu dicatat, cara menghitung berat badan ideal di atas cocok untuk pria dan wanita berusia di atas 20 tahun. Jika ingin mengetahui cara menghitung berat badan ideal anak atau ibu hamil ada rumus tersendiri.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak

cara menghitung berat badan ideal anak

Untuk mengukur berat badan ideal anak dibagi menjadi dua rumus. Pertama untuk anak dengan usia 0-12 bulan dan yang kedua untuk anak berumur 1-10 tahun.

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal anak 0-12 Bulan

Berat Badan Ideal = [Umur (bulan) : 2] + 4

Contoh :

Jika anak Anda saat ini berumur 6 bulan, maka berat badan idealnya adalah (6:2) + 4 = 7 kg.

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal anak 1-10 Tahun

Berat Badan Ideal = [2 x Umur (Tahun)] + 8

Contoh :

Usia anak Anda 5 tahun, maka berat badan idealnya (2 x 5) + 8 = 18 kg

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

cara menghitung berat badan ideal wanita

Dalam kasus ibu hamil, cara menghitung ideal berat badan yang dipakai tentu saja berbeda. Ibu hamil juga perlu mengetahui berat badan idealnya untuk memastikan kesehatan calon buah hati dan dirinya sendiri. Berikut adalah rumus menghitung berat badan ibu hamil.

BBIh = BBI + (UH x 0,35)

Keterangan :

  • BBIh = Berat Badan Ibu Hamil
  • BBI = Berat Badan Ideal
  • UH = Umur Kehamilan dalam mingu
  • 0,35 = Tambahan berat badan kg per minggu

Untuk berat badan ideal, Anda bisa mencarinya dengan memanfaatkan rumus Brosca. Anda dapat melihat rumus di atas.

Contoh :

Ibu hamil mempunyai tinggi badan 155 cm. Usia kehamilannya saat ini 27 minggu. Berdasarkan rumus Brosca, BBI ibu hamil tersebut 46,75 kg. Maka berat badan idealnya adalah sebagai berikut.

BBIH = 46,75 + (27 x 0,35) = 46,75 + 9,45 = 56,2 kg

Selengkapnya :

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Itulah informasi seputar cara menghitung berat badan ideal. Tidak terlalu rumit bukan? Selain menghitung secara manual Anda bisa memanfaatkan kalkulator online yang dapat menghitung berat badan ideal Anda hanya dengan memasukkan tinggi badan dan berat badan. Sekian informasi seputar cara mengukur berat badan ideal dari kami. Semoga bermanfaat untuk Anda.