2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Berat Badan Ideal Wanita – Berat badan merupakan salah satu hal yang paling diperhatikan oleh kaum hawa. Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap wanita. Banyak yang terobsesi mempunyai tubuh yang langsing dan bebas dari kesan gemuk.

Maka dari itu tidak mengherankan bila banyak wanita yang melakukan beragam cara supaya mempunyai tubuh yang indah. Mulai dari cara sederhana seperti menjaga pola makan, diet, berolahraga hingga yang tergolong ekstrem seperti melakukan operasi sedot lemak.

Untuk diketahui, berat badan ideal wanita berbeda dengan berat badan ideal wanita. Meski cara menghitung berat badan ideal wanita mirip dengan pria, sebenarnya ada sedikit perbedaan di antara dua metode perhitungan tersebut. Maka dari itu kami tertarik untuk membahas lebih lanjut mengenai  menghitung berat badan ideal wanita.

Ada dua rumus berat badan ideal wanita yang akan kami sampaikan. Yakni dengan memakai rumus BMI dan rumus Brosca. Masing-masing mempunyai kegunaan dan cara perhitungan yang berbeda.

Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dengan Rumus BMI

Body Mass Index (BMI) atau dalam bahasa Indonesia Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan salah satu rumus untuk mengetahui berat badan ideal seseorang. Jika Anda ingin mengetahui berapa berat badan ideal, maka bisa dengan memakai rumus ini.

Sebagai catatan, rumus ini dipakai untuk melihat seberapa ideal kah berat badan seseorang. Rumus BMI adalah sebagai berikut.

BMI = Berat Badan (Kg) : (Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m))

Sebenarnya rumus BMI untuk mencari tahu ideal berat badan wanita dengan pria sama saja. Yang membedakan adalah standar BMI-nya. Berikut adalah kriteria perhitungan BMI berdasarkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

  • BMI < 18 : Kurus
  • BMI 18-25 : Normal
  • BMI 25-27 : Kelebihan berat badan atau gemuk
  • BMI > 27 : Obesitas

Contoh

Berat badan Rini adalah 50 kg, sedangkan tinggi badannya 1,6 m. Maka perhitungan BMI untuk kasus ini adalah:

BMI = 50 : (1,6 x 1,6) = 50 : 2,56 = 19,5

Berdasarkan rumus tersebut, diketahui bahwa berat badan Rini termasuk dalam kategori normal. Sebab masih berada di nilai BMI 18-25.

Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dengan Rumus Brosca

Selain menggunakan BMI, Anda juga bisa memanfaatkan rumus Brosca untuk mencari berat badan ideal Anda. Cara menghitung berat badal ideal wanita yang satu ini dipakai untuk mengetahui berapa berat badan ideal seseorang. Rumus Brosca wanita dan pria sedikit berbeda.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Untuk wanita, rumus Brosca adalah sebagai berikut:

Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) – (15% x (Tinggi Badan – 100))

Contoh

seorang wanita mempunyai tinggi badan 167 cm. Maka berapa berat badan ideal wanita tersebut?

(167 – 100) – (15% x (167 – 100)) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 =  56,5 Kg

Perlu dicatat, tinggi badan pada rumus Brosca dinyatakan dalam satuan centimeter. Berbeda dengan rumus BMI yang menggunakan satuan meter.

Bila ingin mencari berat badan ideal wanita berdasarkan umur, Anda bisa memanfaatkan rumus Brosca di atas. Rumus ini dapat digunakan untuk wanita berusia mulai 20 tahun.

Jika berat badan Anda kurang atau kurus, maka Anda bisa memperbanyak asupan makanan. Terutama makanan yang mengandung karbohidrat atau lemak. Akan tetapi tetap perhatikan asupan makanan Anda. Pastikan porsi makanan Anda per hari seimbang supaya tercapai pola makan yang sehat.

Bila berat badan Anda terlalu gemuk Anda bisa melakukan diet atau berolahraga rutin. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait jika memang diperlukan. Seperti halnya bila Anda mengalami obesitas atau kegemukan.

Selain cara di atas ada pula cara menghitung berat badan wanita ideal yang lebih mudah. Yakni dengan menggunakan kalkulator berat badan ideal wanita. Cara ini lebih praktis dan tidak perlu menghitung secara manual, namun akan kami sampaikan pada artikel selanjutnya. Bila Anda mencari bagaimana menghitung berat badan ideal anak dan ibut hamil bisa menuju halaman berikut.

Baca : Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Pada halaman tersebut sudah kami bahas secara detail mengenai menghitung berat badan ideal untuk wanita, pria, anak dan ibu hamil. Demikian  informasi yang bisa kami sampaikan seputar berat badan ideal wanita. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda.