2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Berat Badan Ideal Pria – Aneka jenis makanan kerap menggoda hasrat untuk menyantapnya. Akan tetapi hasilnya justru berat badan menjadi bertambah. Bagi banyak orang mempunyai tubuh gemuk adalah permasalahan besar.

Banyak yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Maka dari itu berbagai upaya dilakukan. Mulai dari bermacam metode diet, melakukan olahraga rutin atau melakukan puasa. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara menghitung berat badan ideal pria?

Sebelum melakukan diet atau rutinitas tertentu untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mencari tahu bagaimana menghitung berat badan ideal pria. Sebab berat badan ideal setiap orang berbeda-beda karena beberapa faktor, seperti tinggi badan dan lain sebagainya. Ada beberapa rumus yang dipakai untuk menghitung berat badan ideal. Yang paling populer dipakai adalah dengan rumus BMI dan rumus Brosca.

Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dengan Rumus BMI

BMI merupakan singkatan dari Body Mass Index atau dalam bahasa Indonesia disebut Indeks Massa Tubuh (IMT). Rumus berat badan ideal pria yang satu ini kerap dijadikan gambaran untuk mengetahui berat badan pria ideal. Berikut adalah rumus IMT untuk mencari berat badan ideal.

BMI = Berat Badan (Kg) : [Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)]

Contoh

Berat badan Adi 70 kg. Sedangkan tingginya 169 cm. Untuk mencari berat badan ideal dengan rumus BMI, maka kita perlu mengubah tinggi dari satuan cm menjadi m. Dari 169 cm dikonversi menjadi 1,69 m. Setelah itu baru masukkan ke dalam rumus.

BMI = 70 : (1,69 x 1,69) = 24,5

Angka tersebut masih berupa nilai BMI, bukan ukuran berat badan pria ideal. Untuk mengetahui berat badan ideal pria dewasa dilakukan dengan melihat kategori nilai BMI. Berikut adalah penjelasan nilai BMI pria selengkapnya.

  • BMI < 17 : Kurus
  • BMI 17-23 : Normal
  • BMI 23-27 : Kelebihan berat badan/gemuk
  • BMI > 27 : Obesitas

Berdasarkan contoh di atas, kita ketahui bahwa nilai BMI Adi termasuk ke dalam kelebihan berat badan. Untuk mencapai berat badan ideal maka perlu diusahakan agar nilai BMI berada di kisaran angka 17-23.

Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dengan Rumus Brosca

Jika rumus di atas kurang memberikan Anda gambaran, Anda bisa mencoba dengan menggunakan rumus Brosca. Cara hitung berat badan ideal pria dengan rumus Brosca berbeda dengan wanita. Berikut adalah rumus berat badan ideal pria dengan Brosca.

Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) – [10% x (Tinggi Badan – 100)]

Contoh

Tinggi badan Arif adalah 170 cm. Untuk mencari berat badan idealnya dengan memakai rumus Brosca bisa dilihat pada cara di bawah.

(170 – 100) – [10% x (170 – 100)] = 70 – (10% x 70) = 70 – 7 = 63 Kg

Dari perhitungan di atas, diketahui bahwa berat badan ideal pria tinggi 170 cm adalah 63 kg.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah. Yaitu dengan menggunakan kalkulator berat badan ideal pria. Anda bisa menjumpainya dengan mudah di internet. Yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan angka sesuai yang diminta kalkulator. Setelah itu hasilnya akan muncul secara otomatis.

Jika berat badan Anda belum ideal jangan terburu putus asa. Anda bisa mencoba salah satu metode diet. Asal jangan memaksa untuk diet ekstrem. Tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter supaya Anda mengetahui diet apa yang cocok dengan Anda. Jaga pola makan juga penting, seperti mengurangi asupan lemak dan karbohidrat. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur.

Selain berat badan ideal pria, pada artikel sebelumnya kami juga membahas secara detail mengenai bagaimana menghitung berat badan ideal mulai dari wanita, anak dan ibu hamil. Jika Anda tertarik bisa menuju ke halaman berikut.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Itulah informasi seputar cara menghitung berat badan ideal pria yang bisa Anda simak. Terima kasih telah berkunjung ke situs kami. Semoga penjelasan di atas memudahkan Anda dalam menghitung berat badan pria ideal. Semoga Anda bisa mencapai berat badan ideal.